Jumat, 28 Desember 2012

Posted by januarman maulana putra | File under :
kali ini janu-tronik.blogspot.com akan memberi tahu sobat cara membuat sendiri adaptor setabil dengan tegangan voltase sesuai keingingan kita.. hanya dengan menggunakan IC regulator dan bebapara komponen lain saja. 

Daftar keterangan ic regaulator 78xx :
-        7805 = 5 volt
-        7808 = 8 volt
-        7809 = 9 volt
-        7812 = 12 volt
-        7815 = 15 volt
-        78xx = dan seterusnya :D

Mari kita mulai sob.. sebagai contoh kita membuat adaptor 9 vol stabil dan regulated.

Pertama siapkan alat dan bahan,
Alat : Gunting, isolasi, solder, timah, cutter dsb
Bahan :
-        IC 7809 (sesuai kebutuhan), harga 2rb-3rb
-        Kabel (secukupnya), harga 1rb-3rb
-        Elco 1000uF/50v dan 470uF/16v, harga 2rb-4rb
-        Trafo 1 Amper (sesuai kebutuhan), harga 15rb-50rb
-        Led Merah, dan resistor 1K (biar nggak putus), harga 1rb-2rb
-        Dioda 4 buah, type 1N4002 atau 1 ampere, harga @Rp. 100


Untuk skemanya bisa liat gambar dibawah ini sob.

selamat mencoba di rumah.......

8 komentar:

  1. Wah. Mantap bro. Bermanfaat sekali. Daripada beli mending bikin sendiri. Bisa jadi duit juga ini.

    BalasHapus
  2. gan itu enaknya di buat di PCB, atau lansung di solder ajah?

    BalasHapus
  3. gimana enaknya aja,kalo sy sih enaknya pakek pcb supaya rapi

    BalasHapus
  4. gan, kalo pake trafo CT gimana?
    mohon beri skema rangkaiannya juga gan :)

    BalasHapus
  5. ini gan skemanya sm contohnya :
    http://janu-tronik.blogspot.com/2013/12/rangkaian-power-supply-ct.html

    BalasHapus
  6. Mantap Gan.. mau tanya kalo mau bikin keluaran 16 volt 6 ampere.. ukuran dioda dan elco pake yang berapa Gan..

    BalasHapus
  7. untuk buat yg 16 volt yang perlu di ganti cuma ic regulatornya aja seperti 7816/7815 ,kalo untuk ampere disitukan trafonya 1 ampere nah tinggal ganti dah trafonya yg 6 ampere,dan jgn lupa juga dari diodanya tu yg dihubungkan ke trafo yaitu yg 16v atau 20v jadi biar besar ntar diturunin di ic regulator yg 7816/7815

    BalasHapus