Rabu, 12 Desember 2012

Posted by januarman maulana putra | File under :
Hello Kroaker :), rangkaian counter dengan sensor infrared ini sebenarnya adalah modifikasi dari rangkaian counter sebelumnya. Aplikasi dari rangkaian ini sangat banyak tergantung bagaimana anda ingin menggunakannya.
Aplikasinya seperti Penghitung Parkir Otomatis, Penghitung Jumlah Pengunjung Otomatis, dan sebagainya. Namun rangkaian yang ingin saya berikan masih terbilang sederhana, hanya menampilkan counter hingga 9 kali.

Seperti biasanya, sebelum kita memulai membuat rangkaian counter dengan sensor infrared ini ada baiknya jika kita mengetahui daftar komponen elektronika yang kita butuhkan untuk membuat rangkaian ini. Berikut ini daftarnya.
1.            Photodioda atau Phototransistor (Photodetector)
2.            Infrared
3.            Resistor Tetap dengan Nilai 33KOhm
4.            Kapasitor /kondensor dengan nilai 1uF
5.            IC Schmitt Trigger 40106B
6.            IC Decoder 4026B
7.            Seven Segment Common Katoda
8.            Baterai 9 Volt

Adapun Gambar Rangkaian Counter dengan sensor Infrared ini adalah sebagai berikut:

 Gambar rangkaian Counter dengan Sensor Infrared

Sedikit Penjelasan mengenai Rangkaian Counter Diatas:

Sama seperti rangkaian Counter Sebelumnya. Rangkaian diatas menggunakan IC Decade Counter 4026B sebagai driver dari Seven Segment Common Katoda. Dan IC Schmitt Trigger 40106B sebagai penghasil Sinyal/Pulsa yang menjadi Sumber Clock bagi IC 4026B.
            Kondisi awal sensor dibuat aktif, jadi jika dalam kondisi standby Sensor Photodetector yang kita gunakan akan menerima cahaya dari infared sehingga memiliki kondisi aktif.
Namun ketika ada sesuatu yang memutus cahaya tersebut maka photodetector akan memberikan sinyal low (0) dan perubahan tersebut akan ditampilkan oleh Seven Segment.

Mungkin sebagai catatan.
Jika anda tidak menemukkan Komponen-komponen yang anda butuhkan, seperti IC Schmitt Trigger 40106B dan IC 4026B dipasaran mungkin anda dapat menggantinya dengan IC sejenisnya seperti 74LS14 untuk Schmitt Trigger dan 74LS48 untuk Driver Seven Segment common Katoda. 

0 komentar:

Poskan Komentar