Selasa, 25 Desember 2012

Posted by januarman maulana putra | File under :

    Hallo gan sekarang sy akan memberi tahu cara membuat lampu disko atau yg sering disebut lampu flip flop cara kerjanya adalah Kedua Transistor pada rangkaian menghantar dan menyumbat secara bergantian sehingga lampu LED D1 dan D2 akan menyala dan padam secara bergantian. Kecepatan pergantian nyala-padam kedua LED tersebut ditentukan oleh besarnya Kapasitor C1 dan C2 . Makin besar nilai kapasitor tersebut akan makin lambat frekuensi pergantian nyala-padam kedua lampu LED. Dengan nilai C1 = C2 maka D1 dan D2 akan nyala-padam dengan frekuensi yang sama.

Rangkaian ini tergolong sederhana sehingga cocok digunakan sebagai latihan untuk belajar elektronika. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langsung gambar berikut :


Berikut ini adalah daftar komponen rangkaian flip-flop,tidak terlalu banyak komponen yg diperlukan,mungkin menghabiskan uang sabanyak 
± Rp 10.000 :

R1, R2                      = 56 K Ω
C1, C2                      = 100 μF/10 V
D1, D1′, D2, D2′       = LED
Tr1, Tr2                   = FCS 9014

Jika semua komponen telah selesai dirakit, jangan lupa untuk memeriksa sekali lagi apakah semua komponen sudah terpasang dengan benar sebelum menghubungkannya ke catu daya. Periksa kaki transistor apakah basis, emitor, dan kolektornya sudah tepat. Begitu juga LED dan polaritas kapasitornya jangan sampai terbalik. Setelah yakin semuanya sudah benar, bisa dicoba dihubungkan dengan catu daya atau battery. Silahkan bereksperimen dengan mengubah nilai C1 dan C2 untuk mendapatkan kecepatan nyala-padam yang diinginkan sesuai selera.

0 komentar:

Poskan Komentar