Rabu, 02 Januari 2013

Posted by januarman maulana putra | File under :

saat membuat rangkaian line follower pasti gan menggunakan photo dioda sebagai sensornya,nah....JANU-RONIK.BLOGSPOT.COM akan memberi sedikit tentang photodioda yaitu merupakan sebuah sensor cahaya (photodetektor) yang memungkinkan arus mengalir dalam satu arah dari satu sisi ke sisi lain ketika menyerap foton (cahaya). Semakin banyak cahaya, semakin banyak arus yang mengalir. Photodiode ini biasa digunakan untuk mendeteksi pulsa cahaya dalam serat optik dan lainnya yang sensitif terhadap gerakan cahaya, ia bekerja kebalikan dari light emitting diode (lihat LED). Jadi bedanya adalah bila photodiode mendeteksi cahaya dan kemudian menciptakan jalur konduktif yang memungkinkan listrik mengalir. Sedangkan LED menerima listrik kemudian memancarkan cahaya.

   Apakah solar Sel merupakan photodiode ? Solar Sel merupakan photodiode yang diolah secara kimia,  tetapi berbeda dengan photodiode yang digunakan sebagai saklar atau relay. Ketika sel-sel yang ada di solar sel terkena cahaya, bahan silikon yang terdapat di dalamnya akan tertarik dan bergerak ke tempat dimana sedikit demi sedikit akan menghasilkan arus listrik. Dibutuhkan susunan sel dioda yang besar untuk dapat memenuhi kebutuhan listrik untuk satu rumah. Jadi  kesimpulannya adalah dibutuhkan sel dioda yang lebih besar untuk dapat menghasilkan listrik yang lebih besar.
Photodiode ini mirip dengan dioda semikonduktor biasa, kecuali perangkat yang digunakan untuk mendeteksi vakum UV atau sinar-X atau perangkat yang dikemas dengan menggunakan koneksi serat optik untuk memungkinkan cahaya dapat mencapai bagian yang lebih sensitif dari perangkat tersebut. Sedangkan dioda yang dirancang untuk digunakan secara khusus sebagai photodiode menggunakan persimpangan PN, yang berguna untuk meningkatkan respon yang lebih cepat.
Cara kerja photodiode dapat dilihat dari gambar dibawah ini :
Photodiode
Di atas sudah dijelaskan bahwa photodiode adalah perangkat semikonduktor yang dapat mengubah energi cahaya menjadi energi listrik. Misalkan sebuah anoda dan katoda dari suatu dioda yang mengalir yang ditunjukkan dengan meter. Ketika photodiode ditempatkan dalam gelap, meter tersebut akan menampilkan nol, yang berarti tidak ada aliran arus. Ketika fotodioda diberi cahaya, ia akan bertindak sebagai sumber energi yang menyebabkan terjadinya arus listrik dari katoda ke anoda melalui meter arus.
Photodiode memiliki karakteristik arus yang sangat linear terhadap cahaya v / s. Umumnya digunakan sebagai meter cahaya dalam kamera. Dioda sering juga digunakan dalam pembuatan lensa dan filter optik. Respon Photodiode akan menjadi lambat dengan bertambahnya luas permukaan.

0 komentar:

Poskan Komentar