Sabtu, 05 Januari 2013

Posted by januarman maulana putra | File under :

   Cahaya adalah energi berbentuk gelombang elektromagnetik yang kasat mata maupun tidak dengan panjang gelombang sekitar 389 – 750 nm. Cahaya adalah paket partikel yang disebut foton. Kedua definisi diatas adalah sifat yang ditunjukan cahaya secara bersamaan sehingga disebut juga dualisme gelombang partikel. Paket cahaya yang disebut spektrum kemudian dipersepsikan secara visual oleh indra penglihatan sebagai warna.

berikut adalah keterangan nya
 
Dioda Foto
adalah jenis dioda yang berfungsi mendeteksi cahaya. Berbeda dengan dioda biasa, komponen elektronika ini akan mengubah cahaya menjadi arus listrik. Cahaya yang dapat dideteksi oleh dioda foto ini mulai dari cahaya infra merahcahaya tampakultra ungu sampai dengan sinar-X
 
ini pada dasarnya adalah jenis transistor bipolar yang menggunakan kontak (junction) base-collector untuk menerima cahaya. Komponen ini mempunyai sensitivitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan Dioda Foto. Hal ini disebabkan karena elektron yang ditimbulkan oleh fotoncahaya pada junction ini di-injeksikan di bagian Base dan diperkuat di bagian Kolektornya. Namun demikian, waktu respons dari Transistor-foto secara umum akan lebih lambat dari pada Dioda-Foto.

LED infraMerah
LED adalah suatu bahan semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Pengembangan LED dimulai dengan alat inframerah dibuat dengangalliumarsenide. Cahaya infra merah pada dasarnya adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang yang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio, dengan kata lain infra merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombangterpanjang, yaitu sekitar 700 nm sampai 1 mm

Light Dependent Resistor
LDR adalah resistor yang nilai resistansinya berubah-ubah karena adanya intensitas cahaya yang diserap. LDR dibentuk dari cadium Sulfied (CDS) yang dihasilkan dari serbuk keramik. Jika intensitas cahaya yang diterima tinggi maka hambatan juga akan tinggi yang mengakibatkan tengangan keluar juga akan tinggi begitu juga sebaliknya. Disinilah mekanisme proses perubahan cahaya menjadi listrik terjadi.

Optocoupler
adalah suatu piranti yang terdiri dari 2 bagian yaitu transmitter (pengirim) dan receiver (penerima), dikemas dalam satu kemasan.
Transmiter :
merupakan bagian yg terhubung dengan rangkaian input atau rangkaian kontrol. Pada bagian ini terdapat sebuah LED infra merah (IR LED)
Receiver :
Merupakan bagian yg terhubung dengan rangkaian output atau rangkaian beban, dan berisi komponen penerima cahaya yang dipancarkan oleh transmitter. Komponen penerima cahaya ini dapat berupa diodafoto atapun transistorfoto. 

0 komentar:

Poskan Komentar