Sabtu, 04 Mei 2013

Posted by januarman maulana putra | File under : ,
BASCOM, berdiri untuk compiler BASIC, yang dikembangkan oleh Mark Alberts adalah keluarga cross-compiler yang dapat menerjemahkan BASIC bersama dengan beberapa ekstensi proprietary ke dalam bahasa mesin eksekusi untuk beberapa arsitektur prosesor untuk embedded system. Untuk mendukung arsitektur mikrokontroler AVR dan keluarga MCS-51. The cross-compiler berjalan di bawah Microsoft Windows dan menawarkan bersama dengan fungsi terjemahan juga lingkungan pengembangan dan emulator dari sistem sasaran yang memungkinkan pengujian di bawah sistem pembangunan. Interface lebih lanjut tersedia, yang memungkinkan untuk mengirimkan kode yang dihasilkan dalam sistem target. The cross-compiler hanya tersedia secara komersial. Sebuah versi demo yang tersedia untuk bebas dari kendala sehingga kode yang dihasilkan hanya dapat memiliki jangka waktu maksimum empat kilobyte. Jika tidak, demo ini berfungsi penuh, sehingga Bascom versi demo untuk beberapa kecil Atmel mikrokontroler (misalnya ATtiny) demikian cukup karena mereka hanya memiliki memori program kecil.
BASCOM mendukung banyak ekstensi proprietary yang memenuhi persyaratan tertentu dalam sistem embedded. Perbandingan dengan varian BASIC sederhana secara signifikan diperpanjang set tipe data dasar termasuk bit tunggal yang juga diwakili seperti itu, bilangan bulat 1, 2, atau 4 byte, baik dengan dan tanpa tanda-tanda dan angka floating point dengan 32 atau 64 bit sesuai dengan standar IEEE 754 . Deklarasi array dengan tipe data dasar adalah mungkin. Sebuah varian khusus bukti yang akan dimensioned array juga dalam deklarasi string yang implisit diakhiri oleh byte dengan nilai 0.
Karena target arsitektur floating-point tidak mendukung diri mereka sendiri, hal ini dilakukan oleh entitas milik BASCOM perpustakaan, yang juga mencakup fungsi trigonometri tertentu. Perpustakaan juga mencakup lebih banyak ruang untuk arsitektur AVR penawaran untuk mendukung TCP / IP socket dan output ke layar kristal cair.
Selanjutnya, embedding kode assembly adalah mungkin dalam teks program BASIC. Hal ini dilakukan baik dengan menggunakan nama perintah yang sesuai dari bahasa mesin, asalkan mereka tidak bertentangan dengan kata-kata yang sudah disediakan, atau dengan embedding petunjuk assembler kata kunci khusus. Untuk memiliki akses langsung ke variabel dasar dalam konteks pengajaran bahasa mesin adalah ketentuan bahwa banyak alamat dari variabel di register.

 berikut toturial pembuatan program pd bascom AVR:

sember : wikipedia.org
 

0 komentar:

Poskan Komentar