Sabtu, 02 April 2016

Posted by januarman maulana putra | File under :
Struktur bahasa C/C++
1)       Komentar
Bagian ini berisi mengenai keterangan pada program kita. Tidak akan dieksekusi dan tidak akan ditampilkan ketika program dijalankan . Tapi cukup penting, karena komentar akan mempermudah orang lain yang ingin mempelajari program yang kita melalui keterangan yang ada. Dan juga sangat membantu kita megingat ketika kita membuat program dengan statement yang panjang dan terdiri dari banyak fungsi. Komentar ditulis dengan 2 cara yaitu :
a.       Dimulai dengan tanda // untuk komentar 1 baris.
b.       Diapit dengan tanda /* ... */ untuk komentar multi baris
Contohnya:
// Contoh komentar satu baris //

2)       Preprocessore Directive (Pengarah Compiler)
Preprocessor directive ditandai dengan simbol #. Bertugas untuk mengarahkan prepocessor yang akan digunakan untuk membaca file header atau bisa dikatakan sebagai pengatur proses kompilasi.
Contoh preprocessor directive : #include, #define, dan lainnya. Contoh file header : , , , dan lainnya.
Contohnya:
#include
using namespace std;
Preprocessor directive define merupakan suatu pengarah untuk mendefenisikan suatu preprocessor macro, konstanta dan variabel. Penulisan preprocessor directive define ini ialah #define.
Contohnya :                      
#define PI      3.14
#define KUADRAT(x)   (x*x)

3)       Fungsi Utama (main) danTambahan (function dan procedure)
a.       Fungsi Utama
Fungsi utama adalah bagian yang pertama kali akan dieksekusi, walaupun sebelum bagian dari fungsi utama ini ada fungsi tambahan. Sehingga fungsi utama pasti ada di dalam program C++. Fungsi utama ini tersusun atas kata main lalu diikuti dengan tanda(). Lalu diikuti lagi dengan definisi fungsi (bagian dalam tanda “{}”) yang berisi deklarasi dan perintah-perintah yang akan dieksekusi dalam program tersebut.
Contohnya:
int main()
{
cout<<"Selamat datang di Blog AyubAdiputra"<
prosedur();
return 0;

b.      Fungsi Tambahan
Fungsi tambahan ini adalah fungsi yang mendukung dan merupakan pemecahan dari fungsi utama.Terdiri atas function dan procedure. Function merupakan fungsi dengan nilai balik, sedangkan procedure adalah fungsi tanpa nilai balik.
Contohnya:
void prosedur()
{
char nama[20]="Ayub N Adiputra";
cout<<" Nama saya adalah "<
}


4)       Definisi fungsi
Definisi fungsi adalah bagian yang menyertai fungsi. Di dalamnya berisi syntax-syntax yang nantinya akan dieksekusi apabila fungsi tersebut dipanggil. Bagian definisi ini selalu diawali dengan tanda kurawal buka “{” dan diakhiri dengan tanda kurawal tutup “}”.
Di dalam definisi fungsi ini terdapat beberapa statement. Statement harus diakhiri dengan tanda “;”. Tanda ini berfungsi untuk memberi tanda bahwa satu statement sudah selesai dan akan terjadi error jika tidak ditutupi dengan tanda “;”.
Contohnya:
int main()
{
cout<<"Selamat datang di Blog AyubAdiputra"<
prosedur();
return 0;
}

5)       Bagian deklarasi
Contohnya:
void prosedur()
{
char nama[20]="Ali Budi";
cout<<" Nama saya adalah "<<nama;
}
Bisa dikatakan sebagai statement tempat pengenalan variabel, konstanta, fungsi, array dan lainnya. Deklarasi yang sederhana da pada contoh di atas. Pada contoh di atas diperkenalkan tentang tipe data apa yang digunakan variabel nama dalam procedure tersebut. Kemudian diketahui pula nilai dari variabel nama adalah Fasesa.

0 komentar:

Poskan Komentar